7 cara menabung untuk anak muda usia 20-an

  1. Coba tambah pemasukan dan kurangi pengeluaran

    Coba dimulai dari membiasakan diri untuk menambah pemasukan dan meredam angka pengeluaran.

    Sekarang ini, apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang cepat sekali perkembangannya, Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk menciptakan sumber pendapatan sampingan.

    Coba jual keahlian Anda sebagai seorang freelancer, entah itu di bidang desain grafis, pemrograman, tulisan hingga terjemahan, digital marketing, dan lain sebagainya.

    Ada banyak sekali marketplace yang mempertemukan klien dengan freelance seperti Fiverr atau Projects.co.id, jadi jangan ragu untuk mendaftar di marketplace tersebut dan temukan klien pertama Anda sekarang.

    Atau, dapatkan pendapatan sampingan dari iklan di blog. Buat sebuah blog kemudian isi dengan konten yang menarik agar ramai dikunjungi. Anda juga bisa menulis ebook atau produk digital lainnya kemudian dijual di blog tersebut.

    Di sisi lain, kurangi terus pengeluaran Anda. Misalnya bila frekuensi Anda menonton film di bioskop selama ini seminggu sekali, kurangi menjadi sebulan sekali.

    Bila biasanya Anda makan siang di resto atau di kafe setiap hari, kurangin menjadi 2 kali seminggu dan sebagainya. Transportasi pun demikian, cari yang paling rumah dan tetap sesuai dengan Anda.

  2. Mulai Memprioritaskan Kemana Uang Anda Harus DialokasikanUrutkan tujuan penggunaan uang Anda dari waktu ke waktu berdasarkan tingkat prioritasnya. Karena tujuan Anda adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan Anda untuk ditabung.
  3. Investasikan Sedikit Demi Sedikit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *